Air Mata


Taukah apa tugas air mata? Mata memiliki cairan untuk menghanguskan kuman. Tugas membersihkan kuman dilaksanakan oleh kelopak mata bekerjasama dengan kelenjar air mata.

Menangis
Kapan kita menangis? Mengapa manusia dapat menangis? Apa manfaatnya? Benarkah hanya perempuan yang boleh menangis, sementara laki-laki tidak boleh?
Menangis mengeluarkan air mata sebagai bentuk anugerah, sebagai bentuk ekspresi dari jiwa-raga bukanlah aib apalagi dosa, baik oleh sebab rasa sakit atau kesedihan maupun karena kebahagiaan selama semua diniatkan sebagai mohon perlindungan-Nya maupun rasa syukur kepada-Nya.
Menangis bukanlah tanda rapuh atau lemahnya jiwa seseorang . sekarang menangis dianjurkan bagi mereka yang mengalami rasa sakit luar biasa, tekanan mental atau psikologis yang berat, sebagai terapi alternative yang efektif  untuk mengendurkan seluruh jaringan syaraf tubuh. Penelitian membuktikan, rasa sedih merupakan faktor penyebab lebig dari separuh air mata manusia tumpah ke bumi. Sedangkan rasa bahagia hanya 20% menjadi faktor orang menangis.

OBAT STRESS
Hasil penelitian membuktikan, ternyata menangis dan mengeluarkan air mata adalah prose salami. Selain membasahi mata agar tetap jernih dan sehat, secara biologis air mata berfungsi sebagai saluran untuk mengeluarkan racun sisa metabolism tubuh.
Sedangkan secara psikis, menangis adalah saluran berbagai gangguan emosional dan psikologis. Dengan menangis juga dapat mengurangi resiko terserang stroke.

Manfaat
 Beberapa manfaat menangis antara lain :
1.       Cara alami membuang zat-zat sisa metabolism yang membahayakan tubuh, yang produktivitasnya meningkat saat jiwa atau psikis manusia mengalami ketakutan, keputusasaan, atau kesedihan.
2.       Merangsang otak bekerja mengeluarkan unsur-unsur kimia pada air mata yang menjadi tempat bersarangnya rasa sakit. Air mata bisa mengosongkan muatan-muatan racun yang muncul akibat ketegangan jiwa, urat syaraf dan emosional.
3.       Meningkatkan jumlah detak jantung sebagai latihan bagi otot-otot sekat rongga dada dan bahu. Setelah menangis kecepatan detak jantung akan kembali normal. Perasaan dan tubuh pun akan menjadi tenang dan releks, karena hormone-hormon negative saat kita tegang telah larut dalam air mata.
4.       Meringankan dan mencairkan beban fisik dan psikis. Kita akan nyaman setelah menangis. Sekitar 86% perempuan (rata-rata 65 kali/tahun) dan 73% laki-laki (15 kali/tahun) mengaku lega setelah menangis.

Dari pembahasan di atas, intinya mengeluarkan air mata atau menangis sangat berguna bagi kesehatan jiwa dan raga. Banyak penelitian membuktikan, di lingkungan yang menabukan orang dewasa menangis justru anggota masyarakatnya banyak yang menderita radang usus besar, luka pada lambung, dan penyakit lainnya. Dibandingkan dengan lingkungan yang membolehkan menangis sebagai hal yang biasa, alami dan tidak tabu.
Orang yang sering menangis (umumnya perempuan) lebih panjang umurnya dibandingkan mereka yang jarang menangis. “Menangis memiliki peranan penting dan signifikan dalam meringankan ketegangan jiwa, yang mungkin disebabkan oleh komplikasi berbagai penyakit”…

(berbagai sumber)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ngatboy ---> Ngatman

Lensa

Terima kasih untuk para suami yang telah memuliakan istrinya