"Jangan Terlalu Mengkritik Diri Sendiri, Jadilah Sahabat Terbaik Bagi Diri Anda".

Itu adalah kalimat pertama yang saya ingin sampaikan, sebelum anda pergi meninggalkan catatan ini.

Banyak orang menyuruh kita untuk percaya diri,
Tapi secara sederhana saja bisa kita pahami, bahwa perkataan dan suruhan saja tidak akan membuat orang percaya diri. Disini, saya akan menyederhanakan cara membangun percaya diri dengan mulai mengarahkan dan merubah pola pikir Anda.

Percaya diri adalah masalah pola pikir yang letakanya ada di dalam pikiran bawah sadar. Sehingga perlu proses untuk mengubah dan melatihnya, jika pola itu sudah berubah dengan sendirinya akan mengubah rasa percaya diri anda tanpa disuruh untuk percaya diri.

Sahabat, PERCAYA DIRI, adalah seni memahami dan menyayangi diri sendiri untuk memunculkan kekuatan besar dalam dirimu yang bisa merubah pola pikir dan mendorong perasaanmu kepada zona nyaman yang dengan sendirinya akan membawa dirimu kepada succeed oriented atau berorientasi sukses.

Jika kita sendiri tidak percaya atau tidak menyadari akan kekuatan kita, bagaimana mungkin kita akan bisa menggunakan kekuatan itu dengan optimal.

Keyakinan akan kemampuan diri pribadi merupakan bahan bakar yang tersedia diseluruh Jiwa manusia, kita hanya butuh cara menyalakannya dengan satu percikan Api.

Tentunya percikan itu ada didalam kesadaran diri anda sendiri, letaknya tersembunyi di pola
pikir anda yang salah. Dari itu, untuk memunculkannya dengan cara Merekontruksi Pola Pikir Anda. Untuk melakukan ini memang butuh sebuah proses dan tahapan,

Sahabt, karena waktu saya tidak banyak, setidaknya ada dua tahap penting yg harus anda lakukan dan mulai untuk segera menciptakan percaya diri dalam diri anda:

Langkah pertama.
Untuk meningkatkan percaya diri ialah dengan melembutkan dan melenturkan sikap Anda sendiri saat ini. Buka pikiran anda untuk berubah. Lepaskan sumbat-sumbat emosi yang menghalangi proses pembentukan kepercayaan diri.

Langkah kedua
Setelah hati kita lembut dan pemikiran kita terbuka untuk kondisi berikutnya, segera bangun pola pikir percaya diri dalam diri Anda. Caranya dengan memasukan berbagai input dalam pikiran Anda yang didesain sedemikian rupa sehingga terbentuk sebuah pola pikir baru.

Dan Langkah Ketiga,
Adalah menjaga rasa percaya diri Anda agar tidak hilang.
Harus ada suatu pemeliharaan untuk memperkuat tingkat percayaan diri sampai memiliki kekuatan yang memadai sehingga tidak mudah dirusak. Seperti yg kita ketahui dengan pasti, letak keseluruhan kekuatan tubuh itu bukan di dalam otot tetapi di dalam hati yang dikendalikan pemikiran bawah sadar kita.

Tehnik ketiga ini adalah penting, karena percaya diri manusia itu tidak dinamis seperti halnya Iman yang turun naik. Sejauh mana kita bisa percaya diri, adalah terletak dalam kemampun kita untuk Bersyukur dan mensyukuri apa apa yang ada dalam diri kita, sehingga Allah akan menambahnya.

Secara rasional saja, jika kita mensyukuri sesuatu atau kemampuan kita, tentu kita akan menggunakannya secara optimal, dan secara logika kemampuan dan sesuatu yang kita miliki baik itu harta atau ilmu akan bertambah.

Jika diri kita saja tidak percaya...
dan sibuk memikirkan kelebihan orang lain...
bagai mana kita bisa memanfaatkan kemampuan kita???

Karena,
Setiap manusia itu ada kekurangan, ini pengetahuan klasik, tapi belum semua menyadari hal ini dan mengaplikasikannya untuk membangun percaya diri.

Jika kita semua paham bahwa teman kita punya kekurangan dan sibuk memikirkan kekurangannya. Kenapa kita harus sibuk memikirkan kelebihannya?

Mulailah berpikir untuk meningkatkan potensi masing masing dengan tetap mensyukuri dan mengoptimalkan fasilitas yang Allah berikan di bumi-Nya yang luas ini.

"Dunia ini luas dan indah,
seluas dan seindah apa dunia itu sangat tergantung
kepada seluas apa penglihatan Anda"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ngatboy ---> Ngatman

Lensa

Terima kasih untuk para suami yang telah memuliakan istrinya