Sisa Usia

Apa yang kamu rasakan selama di usia 20-an?
Hmm... Tiga tahun lagi usia 20-an gw akan segera berakhir, rentang usia itu adalah masa yang terasa begitu cepatnya berlari. Seakan rentang waktu 10 tahun tak cukup bagi kita untuk merasakan begitu cepatnya dunia ini berputar, sementara masih ada banyak hal yang dikejar di usia yang produktif ini. Di usia 20-an kita punya banyak kesempatan untuk belajar. Belajar menghargai hidup, belajar mengenal orang di sekitar kita.. bahkan belajar untuk gagal. Usia 20-an adalah gerbang awal mengenal kehidupan bukan? Pelajaran berharga yang gw dapet di usia 20-an sampai sekarang ini.. suka, duka, salah, gagal, semua udah dialami...

Pernah merasa gagal dan merasa terbuang bukan sekali gw rasain dalam hidup, mungkin lebih... Kehidupan asmara di awal 20-an gw mungkin gak seindah cerita di novel-novel yang pernah gw baca, menyedihkan, ironis.. Mencoba banyak pekerjaan sampai berkali-kali, gagal kemudian coba lagi sampai sekarang. Kegagalan bukanlah hal yang mendefinisikan bagaimana kehidupan kita kok. Justru saat satu pintu tertutup, kita punya 1000 pintu lain yang menunggu untuk dibuka.. Memang bangkit itu gak semudah yang dibayangkan, tapi bangkit dari satu kesalahan jauh lebih baik dari pada tidak pernah merasakan jatuh sama sekali.. Bersyukur ya..

Secara sadar atau tidak, di usia produktif ini kadang interaksi kita dengan keluarga khususnya orang tua benar-benar terbatas.. Waktu kita lebih banyak dihabiskan untuk bekerja, bergaul dengan teman atau sekedar nongkrong-nongkrong menghabiskan waktu di mall sama pacar. Rasanya kita semakin sibuk dengan pencapaian-pencapaian diri, sedangkan orang tua kita juga semakin menua... Inget sebuah kalimat, "sesukses apapun hidup kamu, ketika sudah tidak bisa berbagi dengan orang tua maka akan terasa sia-sia". Jadi selagi masaih ada orang tua, sedikit apapun rezeki yang kamu dapatkan, kalau bisa berbagi sama orang tua semua terasa menjadi berkah... subhanallah..

Di usia saat ini terasa keberadaan Tuhan semakin terlihat jelas, lewat semua yang kita alami di dunia.. Percaya deh Tuhan akan mewujudkan impian-impian kita melalui orang lain. Melalui caranya yang indah, lewat semua ujian yang diberikan pada kita.. Seburuk apapun perilaku gw di usia 20-an ini, Tuhan selalu mengangkat derajat lewat perbaikan semua kesalahan-kesalahan yang udah gw lakukan.. Dan gw menyesal atas semua perilaku gw, terimakasih ya Allah..

Yang gw sadar sekarang, tidak ada kata terlambat untuk berubah dan bertumbuh, tidak ada batas untuk kesabaran, belajar memaafkan, memaafkan diri sendiri dan orang lain walaupun mereka telah memberikan sakit dalam hati kita... Biarlah mereka yang membenci diri kita terbakar oleh kemarahan mereka sendiri, jiwa-jiwa yang suci tak akan pernah terkotori oleh doa-doa yang buruk... Mari isi sisa usia 20-an ini dengan hal yang lebih positif..
Bismillah..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ngatboy ---> Ngatman

Lensa

Terima kasih untuk para suami yang telah memuliakan istrinya