Kegiatan Praktek Lapangan

DESKRIPSI SINGKAT PELAKSANAAN KEGIATAN
Pelaksanaan kegiatan ini terbagi menjadi 3 tahap yaitu :

Tahap Pra Pelaksanaan Kegiatan :
Pra pelaksanaan kegiatan dimulai dengan pembentukan panitia pelaksana yang diadakan pada tangal 19 Mei 2013. Dalam tahap Pra Pelaksanaan ini panitia didampingi dan diarahkan oleh dosen pengasuh mata kuliah Teknik Perencanaan Program Pembangunan Sosial (TPPPS) 2013. Penentuan lokasi kegiatan berdasarkan hasil diskusi dan survei lapangan, disesuaikan dengan kondisi peserta kegiatan.
Di lokasi tempat peserta menginap terdapat fasilitas pemandian air panas dan disuguhi pemandangan alam yang menyejukkan. di lokasi sekitar terdapat beberapa lokasi pariwisata air terjun seperti curug cigamea, curug seribu dan sebagainya.

Tahap Pelaksanaan Kegiatan :
Pada hari pelaksanaan yaitu tanggal 24 – 26 Mei 2013 keseluruhan rangkaian acara yang telah disusun sebelumnya oleh panitia dalam bentuk Petunjuk Pelaksanaan Acara (run down). Mulai dari awal hingga akhir kegiatan, acara langsung dipegang  oleh panitia terutama bagian acara.


Seluruh panita hadir pada pukul 18.00 untuk mempersiapkan kendaraan dan mengkondisikan peserta. Dan para peserta diberi kesempatan untuk registrasi pada pukul 18.00 – 20.00. masing-masing panitia melakukan persiapan sebagaimana telah ditentukan sebelumnya dan setelah dipastikan semuanya lengkap dan siap, kemudian seluruh panitia melakukan pembukaan dengan berdoa bersama. Rombongan yang telah dibagi, kemudian diberangkatkan dengan 5 buah mobil berisi sebanyak 8 orang untuk setiap kelompoknya. Selama dalam perjalanan di dalam masing-masing mobil setiap kelompok diberi kesempatan untuk melakukan diskusi perencanaan kegiatan yang akan kelompok lakukan.
Sesampainya di lokasi, seluruh peserta dikondisikan untuk bermalam dan beristirahat di villa yang telah disediakan panitia. Keesokan harinya peserta diberikan briefing pra pelaksanaan praktek lapangan untuk menyamakan konsep kegiatan. Kemudian bersama-sama berangkat menuju ke tempat pelakasnaan kegiatan yakni di Mesjid Desa. Pembukaan dilaksanakan oleh ketua Rw setempat, dan Dosen pembimbing Mata Kuliah TPPPS. Kegiatan praktek lapangan dibagi dalam dua sesi yakni perencanaan partisipatif dengan warga desa yang dewasa dan kelompok warga yang usia sekolah dasar.
Masyarakat yang telah berkumpul dan dibagi ke dalam beberapa kelompok, dan dilakukan pengumpulan informasi oleh setiap kelompok peserta kegiatan menggunakan berbagai macam metode dan teknik yang telah dipelajari selama di kelas. Pada sesi ke 2, kreativitas setiap peserta diuji. Menggali informasi dari anak-anak membutuhkan suau teknik tertentu. Pada malam harinya dilakukan refleksi dan evaluasi dari setiap peserta maupun kelompok mengenai pengalaman yang didapatkan dan juga hambatan yang dirasakan selama berinteraksi dengan warga.

Setelah acara refleksi dan evaluasi, selanjutnya acara santai dan barbeque dilaksanakan. Tujuannya yakni untuk membuat suasana menjadi hangat guna mendekatkan seluruh peserta sehingga mempererat keakraban serta untuk mewujudkan kebersamaan dan kekeluargaan antar mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial.

Tahap Ketiga, Pasca Pelaksanaan Kegiatan :

Pasca pelaksanaan kegiatan Turun Lapangan MK. TPPPS 2013. Laporan diberikan setiap panitia dalam bentuk lisan dan secara informal mengenai proses dan hasil pelaksanaan kegiatan. Kendala-kendala yang ada, serta usulan-usulan untuk perbaikan ke depan jika akan mengadakan lagi kegiatan-kegiatan lainnya. Ada beberapa kendala/kekurangan berdasarkan evaluasi yang di lakukan oleh panitia, namun hal tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap konsep acara secara keseluruhan, sehingga dapat dikatakan acara dapat berjalan dengan baik dan lancar.


Lokasi :
Desa Gunung Sari, Bogor

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ngatboy ---> Ngatman

Lensa

Terima kasih untuk para suami yang telah memuliakan istrinya