Sekolah kehidupan...


Pernah denger gak ungkapan yang bilang kalau dunia ini ibarat sekolah. Hmm.. kalau memang dunia ini diibaratkan seperti sekolah, pasti ini adalah satu-satunya sekolah dengan jumlah siswa terbanyak sepanjang masa. Dan juga sekolah yang gak akan pernah tutup hingga akhir zaman. Nah kalau dilihat dari mata pelajarannya pasti beragam. Setiap hari banyak percobaan baru yang kita pelajari, mulai dari belajar menjalani kehidupan yang keras, sulit dimengerti, susah dipahami, tidak bisa dilupakan sampai pelajaran bagaimana cara bersyukur di saat bahagia. Semua pelajaran itu sangat bermanfaat untuk seluruh siswanya, dan bisa dimanfaatkan untuk mempersiapkan ke level selanjutnya yakni kehidupan akhirat.
Kalau bicara tentang kehidupan manusia, pastinya ada yang namanya masa lalu, masa sekarang dan masa depan. Sebagian besar orang di dunia pasti ingin melupakan masa lalunya. Termasuk kita, ya gak..
Setiap kali kita belajar di sekolah kehidupan, kita merasa percobaan itu sangat sulit. Kita mendapatkan pandangan baru tentang kehidupan yang belum pernah kita dapatkan sebelumnya. Pernah kita mencoba menghilangkan masa lalu yang kelam, penuh dengan kecaman dan dosa. Terkadang pelajaran itu membuat kita rapuh dan hancur..
Berhari-hari kita lalui dengan bersembunyi dibalik tabir dan tirai yang panjang, gelap dan sunyi. Tapi sampai kapan kita melaluinya tanpa cahaya. Meskipun perih, sampai titik tertentu kita harus bangkit. Di dunia ini tidak ada orang yang santai dan menikmati dunia dengan tenang dan sempura, walau sebanyak apapun hartanya dan setinggi apapun jabatannya.
Kenapa harus kalah dengan masa lalu, cukup jadikan sebagai pejaran untuk mempersiapkan pelajaran kehidupan kita di masa depan. Semoga kita bisa belajar dari masa lalu, bagaimana kita melihat masa depan dengan semangat dan optimis serta bertawakal kepada Allah SWT. Dan hal yang terpenting adalah bagaimana memulai perubahan dalam hidup ini, yaitu memulai dari DIRI SENDIRI. Apapun yang terjadi dalam kehidupan, percayalah bahwa Allah SWT senantiasa memberikan taman kebahagiaan untuk kita semua... amin ya Rabbal alamin...
Masa lalu biarlah berlalu
Masa kini siap dijalani
Masa depan sudah di depan mata

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ngatboy ---> Ngatman

Lensa

Terima kasih untuk para suami yang telah memuliakan istrinya